SEKILAS INFO
: - Sabtu, 10-12-2022
  • 1 tahun yang lalu / STAI Barumun Raya Sibuhuan Telah Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022 Mulai Tanggal 15 Juni s/d 22 Agustus 2021

DOKUMEN SEJARAH STAI BARUMUN RAYA SIBUHUAN

Pendirian STAI Barumun raya berawal pada Tahun 1996, ketika itu bapak Mahfuz Budi sebagai Ketua STAITA Padang Sidimpuan, meminta kepada Bapak Drs. Syafaruddin Hasibuan, MA supaya cabang/kelas jauh STAITA Padangsidimpuan di buka di Sibuhuan, permohonan tersebut disambut baik dan terealisasi. Sebagai Ketua cabang STAITA cabang Sibuhuan ketika itu pipegang oleh Drs. Syafaruddin Hasibuan,MA dan Drs. Rohyan Hasibuan Sebagai Sekretaris Merangkap Keuangan. Semangat putra putri Barumun dan sekitarnya dalam menempuh pendididikan Strata satu sangat tinggi, itu bisa dilihat dari jumlah mahasiswa ketika itu berkisar 300 orang.

Pada tahun 2005 terbit surat teguran dari Kementerian Agama kepada STAITA Padangsidimpuan. Yang berisi perintah supaya STAITA kelas jauh ditutup. Apabila tetap dibuka maka izin STAITA Padangsidimpuan akan dicabut. Akhirnya STAITA Kelas jauh yang ada di Sibuhuan dan di Simpang Gambir ditutup.

Melihat minat dan potensi Kecamatan Barumun dan Sekitarnya, Bapak Mahfuz Budi Mengajak Bapak Syafaruddin untuk membuat Yayasan bersama, namun salah seorang sahabat Bapak Syafaruddin yang berdomisili di Medan yaitu Khoiruddin Harahap selaku staf adminstrasi Kopertais wilayah IX di Medan menyarankan supaya Bapak Syafaruddin membuka sendiri saja, dan beliau siap membantu. Singkat cerita STAI Barumun Raya segera di usulkan, dengan bantuan dari Dosen-Dosen IAIN Medan dari Fakultas Syariah, Termasuk bantuan dari Khoiruddin Tambunan dan bapak Saidurrohman dan lain-alin. Karena waktu itu dosen tetap pada suatu perguruan tinggi masih bisa  ditempat lain untuk jadi dosen pengusulan.

Pada tahun 2007 terjadi moratorium, tidak ada pendirian Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Baru pada tahun 2008 moratorium dibuka. Proposal pendirian STAI Barumun Raya segera diluncurkan, Bapak Syafaruddin Hasibuan bersama Prof. Dr. Sayuti Pulungan yang waktu itu menjabat sebagai Rektor UIN Raden Fatah Palembang mengahadap Prof. Mahasin selaku Dirjen Perguruan Tinggi.

Tidak berselang lama pada Juni 2008 Bapak. Khoiruddin Harahap bersama tim dari Jakarta datang ke Sibuhuan untuk mengadakan survey kelayakan pendirian STAI Barumun Raya di Sibuhuan, yang waktu itu bertempat di Pondok Pesantren Aek Hayuara Sibuhuan Jl. KH. Dewantara No. 66 B Sibuhuan. Saat ini STAI Barumun Raya Sibuhuan, telah memiliki kampus yang telah berdiri gagah tiga lantai di Komplek Al-Muhajirin Lingkungan VI Pasar Sibuhuan.

Waktu terus bergulir, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor: Dj.I/302/2008 terbitlan izin Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan, beserta Izin Operasional dua Program Studi yaitu Program Studi Ahwal al-Syakhshiyah dan Program Studi Perbankan Syariah. Walaupun semula yang Prodi yang diajukan adalah PAI dan Ekonomi Islam dan Bimbingan Konseling Islam. Tetapi keputusan itu sudah sangat disyukurkan para pendiri. Setelah mengantongi izin, Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009.

Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya telah resmi berdiri di Sibuhuan, di bawah Yayasn Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Sibuhuan, Pesantren yang telah mencetak puluhan ribu cendikiawan muslim yang berkiprah di Nusantara, berdiri semenjak tahun 1938, oleh Hadaratussyaikh Muhammad Dahlan Hasibuan, sampai saat ini masih eksis di Lingkungan IV Sibuhuan. Pendirian STAI Barumun Raya tidak terlepas dari kerjasama para tuan-tuan guru yang yang aktif berkhidmat di Pondok Pesantren Aek Hayuara Sibuhuan.

STAI Barumun Raya Sibuhuan terus mengalami kemajuan, pada 01 Juli 2014 terbut izin prodi baru yaitu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) . dan pada 14 September 2015 terbit izin PGRA yang setelah mengalami perobahan nomenclature menjadi PIAUD.

Hingga saat ini (tahun 2022), STAI Barumun Raya masih terus eksis mengelola empat program studi dan telah mencetak 1035 Sarjana Stata Satu di empat Prodi tersebut. STAI Barumun Raya terus meningkatkan kualitas diri, berupaya lebih maju dengan menambah program studi sehingga diwaktu mendatang bisa beralih status menjadi Institut Agama Islam.

Semenjak tahun 2008, STAI Barumun Raya dipimpin langsung oleh pendiri yang juga Cucu Syekh Muhammad Dahlan Hasibuan yaitu Drs. H. Syafaruddin Hasibuan, MA. Namun, semenjak 01 Feberuari 2022, Bapak Syafaruddin menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada H. Ismail Nasution, Lc.,M.TH. yang juga sudah mendampingi pendiri semenjak tahun 2010.

Kita bedoa kepada Allah Swt. semoga STAI BR tetap jaya. Bisa mewujudkan visi dan misinya.

MENJADI PERGURUAN TINGGI ISLAM YANG UNGGUL DAN INOVATIF DALAM MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERDAYASAING NASIONAL”

 

Sibuhuan, 20 Feberuari 2020

Ketua STAI Barumun Raya Sibuhuan

Ismail Nasution, Lc.,M.TH

Data Kampus

Website STAI BARUMUN RAYA

NSPTKI : 143121909021

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 66 B, Sibuhuan
KEC. Barumun
KAB. Padang Lawas
PROV. Sumatera Utara
KODE POS 22763
TELEPON (0636)421052
FAX (0636)421052
EMAIL staibr.barumunraya@gmail.com

Maps Kampus